Copyright © artikel sederhana
Design by Dzignine
Minggu, 02 Desember 2012

Sulap Matematika : Hasilnya Pasti 3



Permainan sulap selalu disenangi orang, termasuk anak-anak. Unsur misterius yang terkandung di dalamnya mampu menyihir seseorang untuk tertarik pada permainan yang disampaikan pesulap. Karena itu sulap pun dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Berikut adalah salah satu permainan sulap matematika yang sangat mudah dimainkan. Tahapannya sangat mudah namun menuntut anak atau siswa untuk menggunakan operasi-operasi matematika seperti tambah, kurang, kali dan bagi.
1. Minta anak untuk memikirkan sebuah bilangan. Bilangan apapun tapi ingat untuk menyesuaikan dengan tingkat kemampuan anak. Untuk tahap awal ada baiknya untuk menggunakan bilangan dua angka.
2. Minta anak untuk mengalikan bilangan tadi dengan 2.
3. Hasilnya tambahkan 9.
4. Kurangi 3.
5. Bagi 2.
6. Minta anak untuk mengurangkan hasil perhitungannya dengan bilangan awal yang disimpannya.
Contoh jalannya operasi :
1. 43
2. 43 x 2 = 86
3. 86 + 9 = 95
4. 95 – 3 = 92
5. 92 : 2 = 46
6. 46 – 43 = 3
    Kunci sulap ini adalah pesulap tidak mengetahui bilangan yang dipilih karena bilangan berapapun yang digunakan pasti akan menghasilkan perhitungan akhir 3.  Karena itu disarankan untuk tidak menggunakan permainan sulap matematika ini lebih dari sekali karena pasti akan ketahuan hasilnya 
    Sebenarnya ada cari lain untuk ‘mengulangi’ sulap matematika ini. Caranya yaitu dengan ‘membongkar’ langkah-langkah di atas menjadi operasi baru. Nantikan di tulisan berikutnya :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Semangat untuk Belajar dan Terus Berdoa

Semangat untuk Belajar dan Terus Berdoa