Copyright © artikel sederhana
Design by Dzignine
Jumat, 21 Desember 2012

Bakar Lemak di Tubuh Lebih Banyak dengan Berjalan Mundur

Jakarta, Jika Anda telah berusaha keras membakar lemak dengan cara berolahraga tetapi tidak ada hasilnya juga, cobalah untuk melakukan perubahan kecil dalam olahraga seperti berjalan mundur. Berjalan mundur dapat menjadi alternatif latihan karena mampu membakar kalori hingga 2 kali lipat.

Berjalan mundur menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, misalnya membantu seseorang memulihkan diri dari cedera umum, mengembalikan keseimbangan, dan juga membakar kalori hingga 2 kali lipat dibanding berjalan maju.

Para peneliti telah melakukan sebuah studi terhadap sekelompok pelari dan menemukan bahwa ketika seseorang berlari ke depan, kaki bagian belakang akan menghentak tanah dan saat kaki diangkat dari tanah, tumpuan beban tubuh berguling ke bola kaki.

Di sisi lain, ketika seseorang berjalan mundur akan timbul efek sebaliknya, kaki bagian depan yang menghentak tanah dan seterusnya. Hal ini berarti otot yang digunakan untuk berjalan maju dan mundur berbeda. Berjalan mundur membutuhkan energi 30 persen lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk berjalan maju. 

Berjalan mundur juga bagus untuk orang yang bermasalah dengan lututnya, karena dapat mengurangi beban pada lutut yang selama ini selalu menjadi tumpuan. Hal ini juga dapat membakar kalori dua kali lipat dibandingkan dengan berjalan maju pada kecepatan yang sama, seperti dilansir Medical Daily, Sabtu (22/12/2012).

Satu studi menemukan bahwa perempuan yang berlari-lari dengan arah mundur selama 15 sampai 45 menit sebanyak 3 kali seminggu selama 6 minggu akan kehilangan 2,5 persen dari berat badannya. 

Berjalan mundur juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan mundur dapat membantu pasien penyakit Parkinson mendapatkan keseimbangannya kembali.

Namun, berjalan mundur juga memiliki kekurangan karena dapat menyebabkan kelelahan otot. Sehingga para ahli menyarankan untuk melakukan latihan ini secara bertahap ke dalam latihan rutin Anda. Sehingga Anda dapat melakukan latihan berjalan maju dan mundur secara bergantian.

0 komentar:

Poskan Komentar

Semangat untuk Belajar dan Terus Berdoa

Semangat untuk Belajar dan Terus Berdoa