Copyright © artikel sederhana
Design by Dzignine
Selasa, 18 Desember 2012

Membuat Animasi Menu Pull Down dengan Power Point pada Media Pembelajaran


Pemilihan menu yang tepat merupakan salah satu pendukung keberhasilan kita didalam membuat media presentasi. Postingan kali ini menindak lanjuti postingan sebelumnya tentang pembuatan menu utama. Dalam pembuatan menu utama media pembelajaran sekurang-kurangnya ada menu SK/KD, menu Materi, menu latihan soal dan menu referensi.
Baiklah Bapak Ibu kita langsung masuk pada bahasan menu pull down, apa dan kenapa kita membuat menu pull down.
Apa itu menu pull down : menu pull down adalah salah satu teknik membuat menu tersembunyi, menu ini muncul disaat dibutuhkan dan menghilang setelah tidak digunakan, Bapak Ibu tentunya pernah melihat menu yang bila didekati dengan kursor tiba-tiba keluar submenu, tetapi jika kursor kita menjauh sub menu menghilang.
Kenapa kita menggunakan menu pull down: menu pull down digunakan untuk mengurangi banyaknya menu yang ada di menu utama, agar tampilan menu tidak terlalu banyak dan berdesakan (biasanya dipakai kalau menu materi terlalu banyak), sehingga tampilan presentasi kita tampak cantik.
Bagaimana prinsip kerja animasi menu pull down: Prinsip menu pull down dimulai dari perpindahan slide ke sub menu jika menu yang ada di menu utama kita dekati dengan kursor (fasilitas mouse over).
           Bagaimana cara membuat animasi menu pull down:                                            
            KASUS YANG ADA: Materi presentasi kali ini terdiri-dari materi A, B, C, D, E, F.
            Slide 1:
  • Kita buat menu utama misal dalam tutorial kali ini menu utamanya berisi kompetensi, materi, latihan, lihat spu, referensi.
  • Pada menu kompetensi, latihan, lihat spu, referensi masing-masing kita beri moese klik ke slide yang dituju caranya misal pada menu kompetensi, klik kotak kompetensi, pilih menu slide show >>> action setting >>>> pilih tap mouse klik >>> hiperlink to >>> slide pilih slide tempat kompetensi, yang lain sama.
  • Khusus menu materi , klik kotak kompetensi, pilih menu slide show >>> action setting >>>> pilih tap mouse over >>> hiperlink to >>> slide pilih slide 2.
Slide 2:
  • Untuk slide 2, duplikat saja dari slide satu. Caranya menu insert >>> duplicate slide. (slide ini digunakan agar animasi pada slide ketiga selalu berjalan)
  • Khusus slide 2 perlakukan slide transisi automatic dengan waktu 0, caranya slide show >>> slide transition >>> advance slide >>> centang automatic slide >>> berikan nilai 0
Slide 3:
  • Duplikat slide 2, tambahkan sub menu seperti gambar menu A, B, C, D, E, F kemudian group.
  • Dibelakang sub menu kita beri kotak merah sebagai jebakan untuk menuju ke slide 1. (selanjutnya nanti kita transparankan sampai 95% sehingga warna merah tidak tamapk)
  • Kita klik group sub menu kita beri animasi wipe dari atas ke bawah agar munculnya menu tampak menarik, caranya slide show >>> custom animation >>> add effect >>> entrance >>> wipe >>> pilih dari atas ke bawah dan buat with previos
  • Beri action setting pada menu A, B, C, D, E, F menuju ke slide tempat materi A, B, C, D, E, F.
  • Beri action setting pada kota jebakan merah gunakan mouse over caranya menu slide show >>> action setting >>> mouse over >>> hiperlink to >>> pilih slide 1
  • Kotak jebakan ini digunakan jika kita tidak jadi memilih menu materi A-F, dan mouse diarahkan keluar maka kita dibawa ke menu utama pada slide 1
Slide 4 dan seterusnya:
  • Kita tinggal menambahkan slide kompetensi, slide materi A sampai F, slide latihan, slide spu, slide referensi ( setiap slide 4 sampai seterusnya tambahkan menu home untuk kembali ke menu utama)
selamat mencoba...: )

0 komentar:

Poskan Komentar

Semangat untuk Belajar dan Terus Berdoa

Semangat untuk Belajar dan Terus Berdoa