Ausubel berpendapat bahwa belajar
penemuan itu penting, tetapi dalam beberapa situasi tidak efisien, ia
lebih menekankan guru sentral, sehingga Ausubel kurang menekankan
belajar aktif. Penekanannya pada ekpositorik. Ausubel menekankan
pengajaran verbal yang bermakna (meaningful verbal instruction). Menurut
Ausubel, setiap ilmu mempunyai struktur konsep-konsep yang membentuk
dasar sistem informasi ilmu tersebut. Semua konsep berhubungan satu sama
lain (organiser).
Struktur konsep dari setiap bidang
dapat diidentifikasi dan diajarkan kepada semua siswa dan menjadi sitem
proses informasi mereka yang disebut dengan peta intelektual. Peta
intelektual ini dapat digunakan untuk menganalisa domain tertentu dan
untuk memecahkan masalah-masalah yang berhubungan erat dengan aktivitas
domain tersebut. Belajar adalah mencocokkan konsep dalam suatu pokok
bahasan ke dalam sistem yang dimilikinya untuk kemudian menjadi
milikinya dan berguna baginya.
0 komentar:
Posting Komentar