Copyright © artikel sederhana
Design by Dzignine
Rabu, 12 Desember 2012

Aneka Manfaat Bawang Putih


Tips Kesehatan - Bawang putih sejak lama dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meskipun baunya yang kebanyakan orang tidak suka ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini juga yang menyebabkan banyak orang kurang suka mengkonsumsinya.

Bawang putih mengandung asam amino yang sehat dan konstituen allicin, turunan asam amino yang bermanfaat untuk kesehatan. bawang putih sendiri mengandung mineral zinc, germanium, selenium, zat besi dan magnesium, Vit A dan C serta senyawa sulfur yang bermanfaat untuk mengikat logam dan racun dihati untuk dikeluarkan.

Berikut ini artikel kesehatan manfaat Bawang putih untuk kesehatan.

1. Kesehatan Jantung
Ahli gizi dan diet percaya bawang putih dapat menurunkan kadar homosistein ( asam amino ) dalam darah yang tidak untuk kesehatan jantung. bawang putih juga dapat mengurangi penumpukan plak berbahaya pada dinding arteri.

2. Kesehatan Darah
   - Penelitian menunjukan bahwa bawang putih dapat meningkat sirkulasi darah dengan meningkatkan kadar hidrogen       sulfida dalam darah.
  - Senyawa sulfur dalam bawang putih mengurangi zat lemak dalam darah, membantu untuk mengatur tekanan darah dan membantu dalam gejala hipertensi.
  - Senyawa belerang dalam bawang putih, terutama ajoene dapat menghindari penggumpalan darah.
 -Bawang putih sering digunakan sebagai pengencer darah untuk menigkatkan sirkulasi dan mencegah penggumpalan darah.

3. Sitem kekebalan tubuh
Bawang putih merangsang aktivitas sel darah putih yang dapat melawan infeksi dan penyakit. Bawang putih dapat meningkatkan kerja hati dalam melawan radikal bebas.

4. Gula Darah
Studi menunjukkan bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk menigkatkan kadar insulin dalam darah serta menstabilkan gula darah.

5. Antioksidan
Antioksidan dalam bawang putih melindungi sel dari radikal bebas dan menghambat pertumbuhan kanker.

6. Kolesterol
Bawang putih memiliki peranan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Sex
Bawang putih komom mampu menjaga kadar testoteron pada pria dan dapat meningkatkan libido pada pria dan wanita.

Disamping banyak manfaat dari bawang putih, perlu diperhatikan juga efek sampingnya. Bawang putih adalah pengencer darah alami dan menghambat pembekuan darah, jadi bagi emreka yang memiliki gangguan dengan darah, harus konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mngkonsumsi bawang putih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Semangat untuk Belajar dan Terus Berdoa

Semangat untuk Belajar dan Terus Berdoa