Gagne beranggapan bahwa hirarki
belajar itu ada, sehingga penting bagi guru untuk menentukan urutan
materi belajar yang harus diberikan. Materi-materi yang berfungsi
prasyarat harus diberikan terlebih dahulu. Keberhasilan siswa belajar
kemampuan yang lebih tinggi, ditentukan oleh apakah siswa itu memiliki
kemampuan belajar yang lebih rendah atau tidak.
Kemampuan manusia sebagai tujuan belajar menurut Gagne dibedakan menjadi 5 kategori, yaitu :
1) Keterampilan intelektual
2) Informasi verbal
3) Strategi kognitif
4) Keterampilan motorik
5) Sikap
Untuk mencapai hasil belajar yang demikian maka proses belajar mengajar
harus memperhatikan kejadian instruksional yang meliputi
a) Menarik perhatian,
b) Menjelaskan tujuan,
c) Mengingat kembali apa yang telah dipelajari,
d) Memberikan materi pelajaran,
e) Memberi bimbingan belajar,
f) Memberi kesempatan,
g) Memberi umpan balik tentang benar tidaknya tindakan yang dilakukan,
h) Menilai hasil belajar, mempertinggi retensi dan transfer.
0 komentar:
Posting Komentar